Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah salah satu program pemerintah untuk mendapatkan kesempatan sertifikat pendidik yang dapat digunakan untuk mengembangkan diri para pendidik. Semenjak akta mengajar di hapuskan, maka mahasiswa lulusan pendidikan harus ikut program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan. Selain itu para guru yang sudah mengajar diberikan kesempatan mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Keduanya nanti sebagai proses untuk mendapatkan sertifikat pendidik.

Tips Sukses Ujian Komprehensif PPG
Tips Sukses Ujian Komprehensif PPG

Ada beberapa tips sukses ujian komprehensif Pendidikan Profesi Guru (PPG) diantaranya:

1. Memahami Instrumen Penilaian Ujian Komprehensif

Instrumen penilaian ujian komprehensif UKMPPG diantaranya ada beberapa komponen yang akan dijelaskan DISINI.

2. Menyiapkan Perangkat Pembelajaran

Perangkat pembelajaran yang dipersiapkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Media pembelajaran, penilaian atau evaluasi.

3. Berlatih praktik pembelajaran

Sebelum melakukan ujian komprehensif Pendidikan Profesi Guru, mahasiswa berlatih dahulu agar nantinya saat ujian komprehensif di depan penguji menjadi tidak grogi lagi.

4. Cek kelengkapan media, alat yang digunakan

Sebelum ujian kompre, hendaknya mahasiswa mempersiapkan alat dan medianya. Hindari persiapan yang mendadak. Selain itu juga persiapan diri perlu dilakukan yaitu mempersiapkan seragam yang akan dipakai saat ujian. Hal ini biasanya sudah diinformasikan sebelumnya.

5. Bersikap tenang dan optimis

Pada saat ujian komprehensif sebaiknya bersikap tenang dan optimis. Setelah berusaha mempersiapkan dengan maksimal, maka serahkanlah kepada Tuhan apapun hasilnya. Jika ada masukan ataupun koreksi dari penguji disyukuri dan dijadikan bahan acuan untuk lebih baik selanjutnya.

Ujian komprehensif Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan penilaian menyeluruh tentang paedagogik dan pengetahuan. Biasanya dalam bentuk praktik mengajar dengan pengaplikasian perangkat pembelajaran yang dibuat dan kemampuan paedagogik serta pengetahuan mahasiswa pendidikan profesi guru (PPG).

Ujian Komprehensif juga dapat mengukur kecukupan kemampuan mahasiswa PPG kompetensi yang dimilikinya sebelum melaksanakan PPL. Aspek penerapan Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) harus sudah dikuasai dalam Pendidikan Profesi Guru ini.

Pengalaman bu guru saat mengikuti ujian komprehensif diantaranya adalah pelaksanaan ujian dibatasi 40 menit untuk praktik mengajar kemudian dilanjutkan diberi pertanyaan oleh penguji. Semoga artikel yang bu guru tuliskan dapat bermanfaat.

Paparan Ujian Kompre  UKMPPG

Instrumen Penilaian Ujian Komprehensif  (Ujian Kompre) PPG

Leave a comment

Your email address will not be published.