PTK adalah penelitian tindakan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya, sehingga berfokus pada kelas atau pada proses belajar-mengajar yang terjadi di kelas. PTK ada tindakan yang nyata yang diyakini lebih baik dari yang biasa dilakukan. Tujuan PTK memecahkan permasalahan nyata dalam kelas, untuk memperbaiki mutu pembelajaran sekaligus mencari jawaban ilmiah mengapa hal tersebut dapat dipecahkan dengan tindakan yang dilakukan.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berfokus pada Proses Belajar Mengajar (PBM) di kelasnya diantaranya hal-hal yang terkait dengan PBM di kelasnya dalam upaya peningkatan proses dan hasil belajar. Adapun Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) antara lain:
1. Permasalahan praktis di kelas
2. Kolaborasi
3. Ada upaya perbaikan/peningkatan
4. Efektivitas metode/teknik/proses pembelajaran
5. Tidak untuk digeneralisasikan
6. Tidak perlu populasi atau sampel
7. Tidak mengenal kelompok eksperimen dan kontrol
8. Proses penelitian melalui siklus
Bidang garapan PTK atau Objek PTK harus merupakan sesuatu yang aktif, dapat dikenai aktivitas, bukan objek yang sedang diam dan tanpa gerak. Adapun ciri-ciri PTK yaitu adanya kolaborasi peneliti dan praktisi, fokus pada pemecahan masalah praktik serta merupakan upaya meningkatkan mutu profesional (kegiatan pengembangan profesi).
CIRI-CIRI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Suharsimi Arikunto)
1. Merupakan Kegiatan Nyata, Untuk Meningkatkan Mutu PBM
2. Merupakan Tindakan oleh Guru kepada Siswa
3. Tindakan Harus Berbeda Dari kegiatan Biasanya
4. Terjadi Dalam Siklus Berkesinambungan; Minimum Dua Siklus
5. Ada Pedoman Yang Jelas Secara Tertulis, bagi Siswa untuk dapat Mengikuti Tahap Demi Tahap.
6. Ada Unjuk Kerja Siswa Sesuai Pedoman Tertulis dari Guru
7. Ada Penelusuran Terhadap Proses, Dengan Pedoman Pengamatan
8. Ada Evaluasi Terhadap Hasil Dengan Instrumen Yang Relevan
9. Keberhasilan Tindakan Dilakukan Dalam Bentuk Refleksi, Melibatkan Siswa Yang Dikenai Tindakan
10. Hasil Refleksi Harus Terlihat Dalam Perencanaan Siklus Berikutnya
TAHAP PELAKSANAAN PTK
1. Perangkat dari persoalan kecil
2. Rencanakan penelitian tindakan secara cermat (masalah, kelas, rekan yang terlibat, bantuan konsultasi)
3. Susun jadwal yang realistik
4. Libatkan pihak lain
5. Buatlah pihak lain terinformasi
6. Ciptakan sistem umpan balik
7. Buatlah jadwal penulisan
Demikianlah beberapa pengetahuan tentang Penelitian Tindakan Kelas yang bu guru bagikan semoga bermanfaat.
Leave a comment